Usahakan Hindarilah 8 Penyebab Utama Mulut Kering Selain Dehidrasi Ini

by

TERVIRAL.IFNO – Mulut kering atau dikenal dengan istilah xerostomia terjadi karena kelenjar ludah gak memproduksi air liur yang cukup untuk membasahi mulut. Padahal, air liur berguna untuk mencegah kerusakan gigi dan menetralkan asam yang dihasilkan bakteri. Selain itu juga berguna untuk mempermudahmu mengunyah dan menelan makanan. Mulut yang kering hanya akan membuat nafsu makanmu berkurang.

Sudah tentu penyebab mulut salah satunya karena dehidrasi. Namun, mungkin pernah kamu alami gejala mulut kering padahal merasa sudah terhidrasi dengan baik. Kira-kira ada apa saja ya? Dilansir dari Hello Sehat, ini dia penyebab utama mulut kering!

1. Efek samping obat yang membuat mulut kering

Banyak obat, termasuk yang dijual bebas di pasaran punya efek samping mulut kering. Jadi wajar saja, saat kamu mengonsumsi obat, beberapa saat kemudian kamu akan merasa mulutmu kering. Beberapa obat yang membuat mulut kering, antara lain antihistamin, dekongestan, obat penenang, obat bius, obat hipertensi dan obat nyeri otot.

2. Faktor usia yang membuat produksi air liur menurun

Banyak orang mengalami mulut kering seiring bertambahnya usia. Penyebabnya karena produksi air liur yang menurun. Adapun faktor-faktornya antara lain, kemampuan tubuh untuk memproses obat, penggunaan obat jangka panjang, nutrisi yang kurang memadai dan masalah kesehatan jangka panjang.

3. Terapi kanker berupa penggunaan obat kemoterapi mengubah produksi air liur

Orang yang menjalani terapi kanker, seperti penggunaan obat kemoterapi mengubah sifat dan jumlah air liur. Itu sebabnya mulut terasa kering. Namun, gejala ini hanya sementara dan air liur dapat kembali mengalir setelah perawatan selesai.

Akan tetapi, perawatan radiasi ke kepala dan leher bisa merusak kelenjar ludah. Itu akan sangat berpengaruh pada produksi air liur. Akibatnya bisa permanen tergantung dosis radiasi yang digunakan.

4. Syaraf mengalami kerusakan setelah mengalami cedera atau operasi di bagian kepala

Jika kamu mengalami cedera atau operasi di bagian kepala ada kemungkinan akan berpengaruh pada syaraf untuk mengirimkan sinyal ke kelenjar air liur. Itu sebabnya jumlah air liur bisa berkurang bahkan menyebabkan mulut kering.

5. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol menyebabkan produksi air liur berkurang hingga mulut menjadi kering. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan ini.

6. penggunaan narkoba juga bisa menyebabkan mulut kering, bahkan merusak gigi

Penggunaan metamfetamin dapat menyebabkan mulut kering yang parah, bahkan kerusakan gigi. Begitu pula dengan konsumsi ganja yang membuat mulut kering.

7. Kondisi kesehatan lain, diabetes, stroke dan HIV/AIDS

Ada beragam kondisi kesehatan dan penyakit yang menyebabkan mulut kering, di antaranya diabetes, stroke, seriawan, Alzheimer, sindrom Sjogren atau HIV/AIDS.

8. Kebiasaan mendengkur dan bernapas dengan mulut terbuka juga bisa menyebabkan mulut kering

Saat tidur mungkin secara gak sadar kamu akan mendengkur dan bernapas lewat mulut. Hal itu juga berakibat mulutmu kering.

Ternyata, ada banyak hal yang bisa membuat mulutmu kering. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik dan jalani pengobatan yang serius untuk menghindari hal ini ya. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *