Tenggorokanmu Terus-terusan Berlendir? Ini 7 Cara Ampuh Mengatasinya

by

terviral.info – Tubuh setiap orang menghasilkan lendir, dan menurut penelitian, lendir sangat penting bagi tubuh kita karena berfungsi sebagai penghalang bagi partikel asing. Lendir juga mengandung enzim serta protein yang menjaga kesehatan tubuh kita.

Namun bagi beberapa orang, terkadang tubuh mereka menghasilkan terlalu banyak lendir yang sangat mengganggu padahal tubuhnya sedang tidak flu sama-sekali. Bisa juga produksi lendir ini meningkat karena reaksi alergi. Kalau itu terjadi kepadamu, ini 7 cara untuk mengatasi kelebihan lendir itu.

1. Konsumsi banyak cairan

Semakin banyak kamu minum, maka lendirmu akan semakin cair dan tidak mengganggu baik tenggorokanmu ataupun pernapasanmu. Ini sangat penting terutama bagi penderita alergi. Jaga tubuhmu dengan tetap terhidrasi.

Minum lebih banyak air, tetapi bukan jus ataupun minuman manis lainnya. Air akan membantu menyingkirkan lendir dan membersihkan tubuhmu secara umum.

2. Jaga udara di ruangan tetap lembab

Udara yang kering mengiritasi hidung dan membuatnya berair. Pernah memperhatikan orang-orang yang memiliki alergi mulai bersin lebih banyak kalau mereka berada di ruangan ataupun udara yang tidak cukup lembab?

Kamu bisa mulai membeli humidifier dan menggunakannya baik di ruang kantormu ataupun kamar tidurmu. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke humidifier-mu untuk mendapatkan aroma yang enak.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam membantu tenggorokanmu bisa mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan mengencerkan lendir. Hal ini juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari tenggorokanmu. Taruh 1 sdt garam dalam segelas air hangat dan berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Rajin membuang ingus

Rajinlah membuang ingusmu dan jangan sering menariknya kembali ke dalam hidung atau bahkan menelannya lagi saat berada di mulut. Lakukan dengan lembut agar tidak merusak lapisan mukus. Dengan melakukan prosedur ini, kamu membantu diri sendiri dengan kebersihan mulut yang lebih baik dan sebagai hasilnya juga bisa mencegah masalah gigi.

5. Pakai eucalyptus

Kamu bisa memakai minyak esensial eucalyptus untuk diteteskan ke dalam humidifier-mu atau bahkan ke air mandi mu. Eucalyptus memiliki banyak manfaat bagus dan salah satunya adalah melancarkan pernapasan.

6. Makan makanan yang bisa membantu mengurangi produksi lendir

Ada beberapa makanan yang bisa berkontribusi untuk mengurangi lendir dan kamu bisa mulai mengonsumsinya sehari-sehari. Makanan-makanan ini seperti: salmon, tuna, sarden, labu, nanas, apel, lemon, mentimun, jahe, bawang merah, bawang putih, teh camomile, teh tanpa kafein dan minyak zaitun

7. Buat minuman dari soda kue dan madu

Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang bagus bagi mereka yang terkena flu ataupun yang hanya sedang mengalami produksi lendir berlebih. Kamu membutuhkan 1 sdt madu, 1/2 sdt baking soda, 2-3 tetes jus lemon dan segelas air hangat.

Campur semua bahan dalam gelas dan biarkan hingga seluruhnya lalu minum sampai habis. Lakukan secara teratur untuk membersihkan paru-paru dan membantumu berhenti batuk.

Banyak lendir di tenggorokan tentu sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari karena adanya rasa gatal yang terus menerus. Coba 7 cara diatas untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *