Sempat Viral di Internet, Ternyata Pasangan Ini Gelapkan Uang Donasi

by

terviral.info – Pada tahun lalu, pernah ada sebuah video viral yang menayangkan seorang wanita menolong seorang pria tunawisma dan tanpa berpikir panjang tunawisma tersebut langsung menolong wanita itu meski dia sedang merasa kesulitan. Akan tetapi, dana donasi yang sempat dikampanyekan di GoFundMe ternyata diselundupkan oleh sepasang kekasih tersebut. Akhirnya, semua pelaku yang ada di video itu termasuk tunawisma ditangkap pihak kepolisian setempat. Bagaimana awal ceritanya?

1. Awalnya, tunawisma tersebut melaporkan ke polisi setelah dirinya tidak mendapatkan bagian dari dana donasi itu

Sempat Viral di Internet, Ternyata Pasangan Ini Gelapkan Uang Donasi

Dilansir dari BBC, sepasang kekasih yang diketahui bernama Kate McClure dan Mark D’Amico awalnya dilaporkan oleh seorang tunawisma yang diketahui bernama Johnny Bobbit karena tidak mendapatkan bagian dari dana donasi yang terkumpul di GoFundMe. Akan tetapi, pihak kejaksaan New Jersey justru menuduh Bobbitt terlibat dalam rekayasa video viral tersebut dan ketiganya menghadapi tuduhan yang sama.

Pihak pengacara dari McClure dan D’Amico menolak berkomentar sampai saat ini. Dana yang terkumpul pada saat itu mencapai 400 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 5,82 miliar. Pihak kejaksaan menilai kisah yang mendorong netizen untuk memberikan dana kepada Johnny Bobbitt ini dinilai terlalu bagus dan sayangnya semua terungkap karena kampanye ini didasarkan pada sebuah kebohongan. Ia juga sangat yakin bahwa kampanye ini dibuat sebulan sebelum dirilis.

Pada teks kampanye tersebut menceritakan Bobbitt telah menggunakan 20 dolar AS yang merupakan sisa uangnya terakhir untuk membelikan bahan bakar minyak untuk mobol McClure yang kebetulan mogok saat itu. Ketiganya kemungkinan akan menghadapi hukuman 5 hingga 10 tahun penjara pada tingkat kejahatan kedua.

2. Sebanyak 14.000 orang terdorong menyumbangkan ke kampanye donasi ini

Sempat Viral di Internet, Ternyata Pasangan Ini Gelapkan Uang Donasi

Kisah yang dibuat ketiga pelaku ini sangat inspiratif sekali sehingga membuat 14.000 orang ikut menyumbang ke kampanye donasi ini. Mereka bertiga pertama kali dikenal banyak orang pada bulan November 2017 lalu. Mereka meluncurkan kampanye di GoFundMe untuk memberikan bantuan kepada tunawisma yang mau menolongnya secara ikhlas.

Terlebih dikatakan Bobbitt adalah seorang veteran dan pecandu narkoba yang tidak mempunyai tempat tinggal selama beberapa tahun. Para pejabat kepolisian menilai pada hari Kamis lalu bahwa mereka yakin foto itu ditunjukkan setelah McClure dan D’Amico mengunjungi sebuah kasino dimana tempat itu merupakan tempat tongkrongan Bobbitt selama ini.

3. Pihak GoFundMe berjanji akan mengembalikan seluruh dana yang sudah disumbangkan oleh para donatur

Sempat Viral di Internet, Ternyata Pasangan Ini Gelapkan Uang Donasi

Dari pihak situs GoFundMe sendiri menilai jarang sekali terjadi penyalahgunaan dana donasi yang sudah dikumpulkan. Namun, pihak GoFundMe sendiri tetap bertanggung jawab mengembalikan seluruh dana donasi yang sudah disumbangkan oleh para donatur dan akan bekerja sama sepenuhnya kepada aparat penegak hukum terkait kasus ini.

“Meskipun perilaku seperti ini oleh seorang individu sangat jarang, itu tidak dapat diterima dan jelas itu memiliki konsekuensi. Kampanye dengan penyalahgunaan menyumbang kurang dari sepersepuluh dari 1% dari semua kampanye. Kami memiliki kebijakan tidak ada toleransi untuk perilaku curang seperti ini,” ungkap pihak juru bicara GoFundMe seperti yang dikutip dari CNN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *