Rajin Makan Kacang-Kacangan Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma Pria!

by

terviral.info – Makanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan reproduksi, baik pria maupun wanita. Makanan yang sehat tentu memberikan pengaruh sehat dan makanan buruk bisa menurunkan kesuburan. Salah satu makanan sehat adalah kacang-kacangan.

Kacang bukan hanya bisa jadi camilan, juga bisa santapan makanan berat. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata makan kacang bisa mempengaruhi sperma pria?

Dilansir dari BBC.com, sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal European Society of Human Reproduction and Embryology di Barcelona, menyebutkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan jenis tertentu, seperti almond, hazelnut, dan walnut, memiliki potensi lebih besar memiliki kualitas sperma yang lebih baik.

Penelitian yang dilakukan pada 119 pria sehat secara acak antara usia 18 dan 35 tahun ini menemukan bahwa pola makan sehat pada pria dapat meningkatkan peluang pasangannya untuk cepat meraih kehamilan.

Peneliti membagi para pria ini menjadi dua kelompok. Salah satu dari kedua kelompok tersebut diminta mengonsumsi 60 gram kacang-kacangan di dalam pola makan harian mereka. Setelah tiga bulan, ternyata kelompok yang makan kacang menunjukkan kondisi sperma yang lebih baik dibandingkan kelompok pria yang tidak makan kacang.

Dengan kata lain, kualitas kesuburan sperma pria meningkat dengan makan kacang-kacangan. Bahkan diketahui kualitasnya berada di atas parameter yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sayangnya, penelitian ini hanya dilakukan pada kelompok pria sehat, di mana mereka tidak mengalami masalah seksual sebelumnya. Belum ada penelitian lebih lanjut bagaimana pengaruhnya jika ini diterapkan para para pria yang mengalami masalah seksual atau masalah kesuburan.

Namun tentu saja, hal ini cukup membantu memberikan pandangan positif terhadap peluang kehamilan dan meningkatnya kesuburan terhadap pria. Karena bagaimana pun, kacang-kacangan memang makanan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *