Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

by

terviral.info – Tak terasa, millennials sudah berada di penghujung tahun. Kebetulan akhir tahun adalah waktu yang sangat tepat untuk mengevaluasi diri atau introspeksi. Sebelum akhirnya tercipta resolusi yang baru, millennials sudah tahu apa yang perlu ditingkatkan dan apa yang sudah tercapai.

Tapi alih-alih sekedar kewajiban, sudah tahukah kamu jika ada tanda-tanda seseorang harus segera evaluasi diri? Yuk, lihat sepuluh daftarnya berikut ini!

1. Teman-teman & rekan kerja perlahan-lahan menjauhimu. Coba flashback, apa yang salah darimu

Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

Ingat-ingatlah lagi! Apakah kamu pernah berbuat jahat atau membuat perubahan sikap yang sangat drastis belakangan ini? Apakah pernah sombong dan lupa diri, sampai-sampai orang lain terganggu dan tersakiti? Makanya, flashback sangat penting untuk melihat kronologi soal apa yang telah kamu perbuat.

2. Kamu mulai sering gak konsentrasi & susah fokus. Saat diajak ngobrol santai atau serius, sering banget susah nyambungnya

Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

Orang yang kesulitan konsentrasi atau susah fokus, biasanya punya banyak banget masalah di saat bersamaan. Karena itu, setiap hal yang dilakukan dan dikatakan sering bercampur dengan hal-hal yang ada di otak. Selain itu, bisa disebabkan karena kurangnya konsumsi air putih, hormon, gonta-ganti hormon, stop merokok, dan lain-lain. Hayo, coba telisik dan periksakan ke dokter jika memang diperlukan!

3. Komentar soal postur tubuhmu mulai bermunculan dari pacar, teman-teman, dan keluarga. Tidak ada salahnya, kamu cek kesehatan

Tubuh yang lebih berisi masih bisa ditolerir selama tidak mempengaruhi kesehatan. Namun kalau pertumbuhan tubuhmu mulai tak terkontrol dan membuat banyak orang protes, apakah kamu tidak ikut risih juga?

Nah, kamu bisa membuktikannya dengan check up gula darah, kolesterol, tensi, dan asam urat. Lebih bagus lagi, kalau kamu mulai rutin olahraga. Siapa sih yang tenang senang jika tubuh bugar dan fit?

4. Pekerjaanmu sudah gak efektif lagi dan sering berantakan. Inilah saat yang tepat untuk ngobrol sama bos atau HRD

Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

Sebelum atasan mulai sering memarahi karena banyak pekerjaan berantakan, cobalah berkomunikasi dengan bos atau HRD. Sampaikan apa yang kamu rasakan belakangan ini dan apakah menemukan masalah yang memicu pekerjaanmu jadi berantakan. Mungkin, kamu ada masalah pribadi dan perlu waktu untuk menyelesaikan.

Atau kamu sedang jenuh dan perlu liburan, sampaikanlah. Barangkali, HRD juga bisa menangkap kalau kamu sudah terlalu overload. Tunggu waktu saja sampai HRD mencarikan partner kerja yang baru.

5. Dibandingkan sebelumnya, belakangan ini kamu sering merasa lemas dan lelah. Hmmm… Naga-naganya kamu perlu rileks sebentar, nih!

Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

Lemas dan lelah bisa jadi indikasi beberapa hal. Mulai dari kurang tidur, masalah kesehatan, sampai kelelahan yang diakibatkan kerjaan menumpuk. Coba kamu luangkan waktu untuk pergi ke spa dan menikmati pijatan lembut atau menghabiskan weekend tanpa bekerja keras sama sekali. Jadikan ini kebiasaan kalau kamu meraih faedah positif.

6. Pernah diprotes seisi keluarga karena jarang ngumpul di akhir pekan? Atau dimarahin pacar karena waktu kencan tidak ada?

Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

Bagaimana pun, keluarga adalah prioritas utama. Jangan karena sibuk, lantas kamu melupakan keluarga. Toh sesibuk apa pun, kamu juga perlu waktu untuk bersantai. Sama juga dengan pacar. Kalau kamu sampai tak ada waktu buat mereka, emang kamu sesibuk apa sih? Kerja itu gak boleh 24 jam, lho!

7. Gak cuma keluarga dan pacar, hewan kesayangan dan sahabat juga hampir gak mengenali lagi? Waduh, harus sering-sering ketemu nih!

Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

Ngenes gak sih kalau hewan kesayangan dan bahkan sahabat sendiri, gak mengenali kamu? Selama apa kamu gak ketemu mereka sampai-sampai lupa? Terus, kamu mau diam saja? Come on! Luangkan waktu untuk sekedar telepon atau video call kalau memang tugasmu lebih genting.

8. Kamu mulai sering curhat, bahkan nyinyir di sosial media sampai seluruh temanmu terganggu? Fix, kamu perlu pelampiasan yang positif nih!

Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

Orang pasti akan bertanya-tanya, kenapa kamu mendadak jadi sering curhat dan nyinyir di sosial media. Ada yang menganggapmu stres, ada yang mulai gak nyaman, dan ada pula yang memblokir atau unfriend dari pertemanan. Sebelum kamu jadi toxic di sosial media, ayo lakukan perubahan.

Nyinyir di sosial media bukanlah hal yang anggun dan pantas, apalagi curhat soal masalah pribadi. Lebih baik disimpan dan disalurkan ke orang yang sebenarnya. Jika tidak bisa, minimal dilampiaskan ke hal-hal yang lebih positif.

9. Rencana tahun baruan atau libur akhir tahun yang romantis, mendadak batal. Penyebabnya adalah kamu mendadak diputus pacar!

Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

Diputusin sama pacar secara mendadak, memang tidak mengenakkan. Namun di balik rasanya yang menyakitkan, coba telisik lagi. Apa betul sikap atau karaktermulah yang jadi penyebabnya? Seburuk apakah sampai kamu diputuskan? Ayo, hapus air mata dan berubah jadi sosok yang lebih baik lagi!

10. Kamu sering menjawab pertanyaan dengan ngaco. Bahkan yang sangat mudah sekali pun, bisa bikin kamu mikir dalam-dalam

Menjelang Akhir Tahun, Ini 10 Tanda Kamu Harus Segera Evaluasi Dirimu!

Saat ditanya siapa Presiden Republik Indonesia sekarang, kamu menjawab Susilo Bambang Yudhoyono? Lantas, kamu gak menyadari kalau jawabanmu itu salah? Fix, kamu lagi ngaco banget nih! Daripada tahun baru nanti hura-hura, ayo evaluasi aja daripada ngacomu telanjur kebablasan!

Itu dia sepuluh tanda kamu harus segera evaluasi diri! Ada yang kamu banget? Udah, deh! Gak perlu pikir panjang lagi buat introspeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *