Manfaat Daun Biji untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui

by

terviral.info – Buah dengan warna kulit hijau dan warna dagingnya yang merah ini cukup dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang banyak direkomendasikan dalam menyembuhkan demam berdarah. Tapi, tahukah kamu bahwa selain buahnya, daun dari jambu biji ini juga memiliki segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah? Sebut saja, eksim, jerawat, hingga mengatasi rambut rontok. Daripada makin penasaran, simak langsung penjelasannya di bawah ini, yuk!

Mengatasi Eksim

Daun jambu biji dapat digunakan untuk mengatasi peradangan akibat atopic atau eksim karena memiliki sifat anti-alergi yang membantu mencegah produksi histamin, yakni senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan bahan asing. Untuk mengatasi eksim dengan daun jambu biji, yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan beberapa helai daun jambu biji kering. Setelah dihaluskan, masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih. Diamkan hingga air rebusan berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah berubah warna, matikan api dan dinginkan air rebusan tersebut.

Dalam keadaan yang sudah mendingin, ambil kapas dan celupkan ke dalam air rebusan tersebut. Oleskan secara menyeluruh pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian cuci wajah seperti biasa dengan pembersih wajah setelahnya. Jika dilakukan secara rutin, eksim pun secara berangsur akan menghilang.

Mengurangi Jerawat dan Bintik Hitam

Selain anti-alergi, daun jambu biji juga memiliki sifat antibakteri yang mampu membantu menghalau bakteri penyebab jerawat. Daun jambu biji juga bersifat anti-peradangan yang dapat membantu menenangkan kulit, mengurangi munculnya jerawat, sekaligus membantu mengurangi bintik-bintik hitam pada kulit. Untuk merasakan khasiat ini, kamu hanya perlu mengambil daun jambu biji secukupnya. Tumbuk daun tersebut, lalu oleskan pada area wajah yang berjerawat dan memiliki bintik hitam. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air biasa. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu bisa mencoba melakukan rutinitas ini dua kali dalam seminggu.

Mencegah Gatal pada Kulit

Kulit yang mudah terasa gatal dapat menyebabkan masalah serius jika tidak segera diobati. Untuk itu, gunakan daun jambu biji saja untuk mengatasinya. Bahan alami yang satu ini diketahui dapat menghalau bakteri penyebab gatal-gatal dan alergi. kamu tinggal menumbuk daun jambu biji hingga halus, kemudian aplikasikan pada area kulit yang gatal-gatal. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

Mencerahkan Kulit

Daun jambu biji mengandung anti-oksidan dan zat lainnya yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Bahan alami ini juga dapat membantu membunuh bakteri, sehingga kulit lebih sehat, halus, dan juga cerah. Haluskan beberapa helai daun jambu biji. Campur dengan sedikit bubuk kunyit dan air mawar hingga menjadi pasta yang kental. Oleskan pada bagian wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Mengatasi Rambut Rontok

Daun jambu biji ternyata mengandung banyak antioksidan dan vitamin B yang mampu mengatasi masalah rambut rontok sekaligus mempercepat pertumbuhannya. Vitamin B yang ada dalam daun jambu biji diketahui dapat memperkuat folikel dan akar rambut, sehingga daun jambu biji dianggap menjadi bahan alami terbaik yang dapat digunakan untuk melawan rambut rontok.

Untuk mengatasi rambut rontok, ambil daun jambu biji secukupnya lalu rebus dengan air. Rebus selama 20 menit hingga mendidih agar nutrisi yang terkandung dalam daun jambu biji benar-benar terekstrak seluruhnya. Ada dua cara yang bisa kamu pilih. Pertama, setelah keramas, oleskan air rebusan daun jambu biji pada rambut dan kulit kepala kemudian bilas dengan air bersih. Kedua, oleskan pada malam hari sebelum tidur dan bilas rambut keesokan paginya. Agar tidak mengotori bantal dan sprei, jangan lupa menutup rambut kamu dengan shower cap, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *