Travel ke kota pagar alam ini dia rekomendasi wisatanya.

by

 

TERVIRAL.INFO – Nama Kota Pagar Alam barangkali masih asing anda dengar. Namun kamu akan menemukan tidak sedikit kejutan andai berlibur ke sini. Kota yang terletak di Sumatera Selatan ini pun dikenal dengan sebutan Kota Seribu Air Terjun. Bisa dikatakan, kota ini masih ‘perawan’ dengan lokasi wisatanya yang masih asri. Berikut ialah delapan rekomendasi wisata andai bertandang ke Kota Pagar Alam.

1. Danau Gheban atau Tebat Gheban

Tebat Gheban ialah danau alami yang mempunyai luas selama tiga hektar dan 12 meter guna kedalamannya. “Tebat” sendiri bila ditafsirkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya ialah danau. Lokasinya terdapat di Desa Alun Dua, Sub-Distrik Pagar Alam Utara dan dapat ditempuh selama 15 menit dari Kota Pagar Alam.

Danau ini mempunyai keindahan alam eksotis yang luar biasa, karena dijepit oleh deretan bukit dan Gunung Dempo yang menciptakan tempat ini paling menawan. Yang kegemaran memancing, melakukan urusan tersebut sangat dapat di sini. Di samping itu, masing-masing sore pun ada tidak sedikit kegiatan yang dilaksanakan oleh penambang udang.

2. Dempo Park

 

Bisa ditempuh selama delapan kilometer dari Pusat Kota Pagar Alam, eksistensi tepatnya terdapat di Kelurahan Dempo Makmur, Sub-Distrik Pagar Alam Utara. Tempat wisata pilihan ini buka 24 jam masing-masing harinya. Meskipun begitu, masa-masa yang sangat ramai ialah sore hari mulai pukul 15.00 WIB hingga menjelang maghrib.

Kehadiran Taman Dempo ini meningkatkan keindahan Kota Pagar Alam. Dengan latar belakang Gunung Dempo, yang menjadi daya tarik untuk wisatawan guna datang ke sini. Di sini, udara pegunungannya paling menyejukan dan tidak sedikit taman bermain anak-anak serta tempat-tempat instagramable.

3. Green Paradise

Green Paradise ialah sungai produksi dengan air yang sangat bening dari mata air alami. Di sekitar lokasi ini pengunjung dapat merasakan keindahan daya tarik alamnya. Di samping keindahan alamnya, pengunjung pun dapat menikmati sekian banyak  kegiatan laksana berenang, memancing, memanen sayuran, menunggang kuda dan sekian banyak  kegiatan rekreasi lainnya.

Tempat wisata yang satu ini, sekarang menjadi lokasi wisata idola untuk masyarakat. Objek wisata lokal ini terletak di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Sub-Distrik Dempo Utara, Kota Pagar Alam. Untuk hingga ke lokasi, dari pusat Kota Pagar Alam melulu perlu menempuh perjalanan lebih-kurang 7 km.

Untuk kini harga tiket masuk ke Green Paradise sebesar 2.500 rupiah kelompok anak-anak dan 5.000 rupiah untuk kelompok dewasa. Harga tersebut lumayan murah untuk seluruh kalangan.

4. Perkebunan teh di kaki Gunung Dempo

Gunung Dempo ialah puncak tertinggi di distrik Sumatera Selatan. Gunung ini terletak di wilayah Pagar Alam yang dari Pusat Kota Palembang berjarak selama 300 kilometer. Keindahan yang ditawarkan ialah panorama alamnya yang indah. Dan di antara hal yang paling menyegarkan untuk disaksikan oleh mata ialah hijaunya pemandangan sekitar.

Mengapa begitu? Karena di sini terdapat ladang petani berupa perkebunan teh hijau. Hal itu, menyebabkan tidak sedikit orang tertarik guna datang ke sini dan merasakan suasana perkebunan teh di kaki Gunung Dempo. Dari kejauhan, terlihat bahwa kebun teh hijau kadang-kadang ditutupi dengan kabut yang meningkatkan pemandangan alam semakin dinamis dan menarik.

Berfoto di tikungan jalan selama perkebunan teh pun sangat instagramable. Tentu dengan begitu, perkebunan teh di kaki Gunung Dempo kini menjadi di antara tempat wisata sangat terkenal di kota yang ‘perawan’ ini.

5. Puncak Gunung Dempo

 

Gunung Dempo ialah satu-satunya gunung berapi dengan puncak tertinggi di Sumatera Selatan. Gunung ini memiliki elevasi 3.159 meter di atas permukaan laut. Gunung Dempo terletak serupa di perbatasan antara Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Distrik Pagar Alam atau ditempuh tidak cukup lebih tujuh jam dari Kota Palembang.

Dengan keistimewaan dari gunung ini yang telah dinyatakan oleh Pemerintah Nasional, Gunung Dempo pernah dijadikan sebagai tempat pertandingan Cabor Paralayang pada PON ke 16 di tahun 2004.

6. Situs Megalitikum, Pagar Alam

 

Situs Megalitikum ini terletak di Desa Tanjung Aro dan Desa Tegur Wangi Lama. Berdasarkan keterangan dari sumber terpercaya yang tersebar, website ini sudah didaftarkan ke UNESCO pada tahun 2012 sebagai kandidat Situs Warisan Budaya. Di sini tidak sedikit ditemukan website megalitikum bersejarah laksana Arca / Patung Suku Besemah, Dolmen, Menhir, Rumah Batu hingga Kuburan Batu.

Tegur Wangi Lama ialah situs megalitik terbesar yang terdiri dari sebanyak batu kubus, dolmen dan patung batu. Peninggalan-peninggalan megalitik yang ditemukan di ladang sayuran telah dibentengi dan diasuh oleh semua juru rawat di bawah koordinasi BP3 (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) Jambi.

7. Tangga 2001

Meski dinamai dengan adanya embel-embel ribuan, nyatanya jumlah anak tangga di sini melulu sampai ratusan. Tangga ini di bina sebagai objek wisata sekaligus lokasi untuk refleksologi kaki, sebab terbuat dari beton dan kerikil. Sebelumnya pada PON ke 16 di tahun 2004 pun pernah dijadikan sebagai venue paralayang.

Area lokasi wisata ini sedang di Gunung Gare, Desa Dempo Makmur, Distrik Pagar Alam, selama 10 menit berkendara atau tidak cukup lebih lima kilometer dari Kota Pagar Alam. Berada di komplek perkantoran Pemerintah Regional Kota Pagar Alam, keindahan dari Tangga 2001 ini dapat dinikmati oleh seluruh orang.

Keindahan di sini pastinya semakin lengkap, sebab wisatawan dapat merasakan panorama Gunung Dempo sembari memanjat Tangga 2001 yang masyarakat lebih tidak jarang menyebutnya dengan Tangga Seribu.

8. Tugu Rimau

Tugu Rimau yang terletak di elevasi sekitar 1.820 meter di atas permukaan laut, ialah salah satu tempat wisata yang terdapat di area Gunung Dempo, Pagar Alam. Tugu ini di bina dan ditamatkan oleh Pemerintah Kota Pagar Alam saat Provinsi Sumatera Selatan menjadi tuan lokasi tinggal Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 16 pada tahun 2004.

Lokasi Tugu Rimau pada PON ke 16 di tahun 2004 dipakai untuk persaingan sepeda gunung dan venue paralayang. Dan masing-masing hari libur, tidak jarang kali dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar negeri. Ditambah papan nama bertuliskan PAGARALAM yang serupa tulisan serupa HOLLYWOOD di Amerika Serikat, menjadi lebih unik dan estetis ketika dikunjungi.

Bertandang ke sini, dipastikan kamu akan mendatangi pesona lokasi wisata yang masih asri. Makanya bila ke sini, tidak boleh dirusak dan diciptakan kotor ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *