Kevin Systrom Akui ‘Angkat Koper’ dari Instagram

by

TERVIRAL.INFO – CEO dan pendiri Instagram Kevin Systrom mengonfirmasi pengunduran dirinya dari perusahaan yang telah didirikannya bersama Mike Krieger. Dalam pernyataan resmi yang diunggah lewat blog Instagram, ia mengaku bersyukur melihat perkembangan Instagram dalam delapan tahun terakhir.

“Mike dan saya bersyukur selama delapan tahun terakhir di Instagram dan enam tahun bersama tim Facebook. Kami telah tumbuh dari 13 orang menjadi lebih dari seribu orang dengan kantor di seluruh dunia,” tulis Systrom seperti dimuat dalam blog Instagram.

Menyoal rencana apa yang hendak diitempuh usai ‘angkat koper’ dari perusahaan yang didirikannya sejak tahun 2010, ia mengatakan butuh waktu luang untuk mengasah kreativitas. Namun ia memastikan akan kembali mendirikan sebuah perusahaan nantinya.

“Kami sekarang siap untuk bab berikutnya. Kami berencana meluangkan waktu untuk mengeksplorasi rasa ingin dahu dan kreativitas kami lagi,” tambahnya.

Namun demikian, ia belum membeberkan rencana apa yang akan ditempuh usai meninggalkan Instagram. Ia menuliskan sejauh ini sedang merencakan sesuatu yang tengah dibutuhkan dunia.

“Membangun hal baru yang mengharuskan kami melangkah mundur, memahami apa yang menginspirasi kami dan mencocokkannya dengan apa yang dunia butuhkan saat ini; itulah rencana yang ingin kami tempuh.”

Kabar pengunduran diri Kevin Systrom dan Mike Krieger sebelumnya diungkap oleh salah seorang pihak terdekat Instagram yang enggan diungkap identitasnya. Mengutip Recode, awal September lalu COO Instagram Marne Levine dikabarkan sudah lebih dulu memutuskan hengkang.

Meski tidak diketahui alasan di balik pengunduran diri keduanya, sejumlah pihak memprediksi keputusan ini ditempuh setelah merasa kecewa dengan sikap Mark Zuckerberg yang terlalu ikut campur dalam pengembangan Instagram.

Systrom dan Krieger bukan orang pertama yang memilih hengkang dari perusahaan yang didirikannya setelah diakuisisi oleh Facebook. Langkah serupa sebelumnya ditempuh CEO dan pendiri WhatsApp Jan Koum yang memilih hengkang lantaran selisih paham dengan manajemen Facebook terkait skema bisnis perusahaan yang didirikannya.

Instagram yang merupakan kepanjangan dari ‘instant camera’ dan ‘telegram’ didirkan pada 2010. Saat pertama kali dikembangkan, Kevin Systrom dan Mike Krieger memilih nama Burbn yang sebatas layanan berbagi lokasi, hingga kemudian berganti nama menjadi Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *