Kapuas Hulu kenalkan potensi budaya di Festival Danau Sentarum 2018

by

terviral.info – Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, memperkenalkan kekayaan budayanya dalam Festival Danau Sentarum 2018. Salah satunya dalam acara Pentas Seni Budaya Kapuas Hulu dan hiburan rakyat, Sabtu (27/10) malam.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, Antonius, mengatakan potensi yang dimiliki daerahnya layak dipasarkan ke level internasional.

“Kabupaten Kapuas Hulu memiliki potensi alam dan budaya yang sangat unik. Sangat layak untuk dipasarkan di level nasional bahkan internasional. Even Festival Danau Sentarum ini salah satu upaya kami dalam mengenalkan budaya kami,” ujar Antonius.

Dijelaskannya, budaya Kapuas Hulu yang bisa menarik perhatian wisatawan adalah upacara adat, dan tari-tarian. Salah satunya, Tari Mangisar Ase.

Tari Mangisar Ase turut ditampilkan dalam Festival Danau Sentarum, oleh Sanggar Riak Uncak Kapuas. Tarian ini merupakan gambaran aktivitas masyarakat Dayak pada zaman dulu. Terutama dalam mengolah padi menjadi beras. Dahulu aktivitas ini dilakukan menggunakan peralatan tradisional, yaitu tampi’ dan ayak secara bergotong royong.

Ada juga penampilan dari Sanggar Ruai Tantakuan yang membawakan Tari Saraung. Tarian ini menceritakan tentang masyarakat Dayak yang selalu menggunakan Saraung untuk melindungi tubuh saat beraktivitas.

Total, ada 13 tarian yang tampil di Pentas Seni Budaya Kapuas Hulu dan hiburan rakyat. Deretan atraksi ini bisa menarik tidak kurang dari 5.000 penonton. Mereka memadati lapangan Lanjak sejak pukul 19.00 WIB hingga acara selesai. Penonton tidak hanya dari Indonesia. Sejumlah penonton asal Malaysia pun terlihat. Mereka berbaur bersama penonton lokal.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Ricky Fauzi, mengaku puas dengan pelaksanaan kegiatan ini.

“Rangkaian acaranya berjalan dengan baik. Festival Danau Sentarum juga mampu mengangkat potensi budaya Kalimantan Barat,” papar Ricky.

Dukungan juga disampaikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Menurutnya budaya adalah salah satu kekuatan pariwisata Indonesia.

“karena alam yang indah, wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk menikmati keragaman budaya. Dan Festival Danau Sentarum mampu menghadirkan itu,” puji Menpar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *