Habis Gajian? Ini Dia Cara Menabung yang Efektif!

by
42563413 - woman saving money with red piggy bank

terviral.info – Baru menerima gaji? Sebelum uangnya habis kamu belanjakan, lebih baik ditabung saja dulu. Ini dia cara menabung yang efektif dari terviral, simak!

Urgh, menabung!” Mendengarnya saja bisa membuat mood jungkir balik secara tiba-tiba, terutama jika teringat dengan jumlah uang di tabungan yang angkanya (anehnya) tidak terus bertambah secara signifikan. Let’s get real, menabung dan menikmati hidup memang bak dua sisi koin yang berlainan. Melakukan keduanya dalam satu waktu? Bisa saja, namun hal tersebut sulit dilakukan dan terkadang memerlukan beberapa pengorbanan – seperti memotong budget untuk jajan, dan sebagainya.

But worry no more, terviral memiliki trik baru untuk menabung setiap bulannya – this time, like big money – dan Anda tetap bisa membeli sepatu yang Anda idam-idamkan, atau berlibur ke destinasi yang memang sudah lama Anda impikan.

Financial planner dan penulis The $1000 Project, Canna Campbell, ingin Anda mengubah pemikiran soal keuangan. “Jangan lupa, financial stability juga merupakan suatu bentuk self-love,” ujar Canna. “Agar tubuh tetap sehat, kita rutin berolahraga. Dan supaya pandangan terhadap dunia semakin luas, kita rajin membaca buku. Di lain kesempatan, kita juga sering menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga untuk memperkuat hubungan, so why don’t we do the same thing with our money? Being financially stable is another pillar of our overall wellbeing.” Well, masuk akal. Jadi, jika Anda memang ingin ‘menggendutkan’ tabungan, segera ambil pena dan kertas, lalu catat tip jitu dari Canna berikut ini.

Saatnya “Menyingkirkan” Barang Lama Anda

Ingatkah bahwa Anda pernah membeli dress rancangan desainer terkenal – yang waktu itu sempat menghabiskan separuh tabungan Anda – namun cuma sempat dipakai satu kali? Hey, dibanding membiarkannya berdebu di sudut lemari, lebih baik dijual saja. “Seperti kata pepatah, one man’s trash is another’s treasure. Barang yang menurut Anda sudah tidak terpakai, mungkin saja berarti bagi orang lain,” ujar Canna. Kumpulkan terlebih dahulu barang apa saja yang ingin (dan layak) Anda jual, kemudian pasarkan lewat marketplace terkenal di tempat Anda. Opsi lainnya, Anda juga bisa menawarkannya di Facebook atau Instagram. P.S.: Yes, Facebook memiliki fitur marketplace yang juga bisa Anda coba.

Ingat, semakin menarik tampilannya, semakin besar kemungkinan orang lain akan membelinya. So display it as best you can, usahakan dengan pencahayaan yang natural, dan jangan lupa sertakan informasi sedetail mungkin dalam deskripsi barang.

Gunakan Bakat Anda

Khusus untuk tips yang ini, Anda harus lebih percaya dengan bakat yang Anda miliki – apapun itu. “Setiap orang pasti memiliki bakat di satu bidang,” ucap Canna. Mengerti soal program dan software komputer? Mengapa Anda tidak menawarkan diri untuk membuat website unik untuk bisnis-bisnis kecil? Atau Anda pro di bidang fotografi? Coba untuk mengambil sidejob fotografer saat akhir pekan. Memiliki banyak kenalan para manajer artis? Tawarkan diri Anda untuk menjadi manajemen KOL untuk para pebisnis muda yang sedang mencari influencer. Anda pandai menulis? Tawarkan diri Anda untuk menjadi freelancer dan ambil side-job untuk menjadi penulis. “Ada banyak hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan di luar pekerjaan kantor yang nine-to-five, and that can help bring in extra money. Jangan meremehkan kemampuan Anda karena Anda tak tahu seberapa banyak uang yang bisa didapat dari hal tersebut,” tambah Canna.

Manfaatkan Aset Anda

Di tengah kebiasaan sharing economy seperti sekarang ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Semisal, Anda memiliki sebuah apartemen, dan untuk beberapa waktu apartemen tersebut tidak sedang dipakai. Well, that’s a potential money-making gold mine! “Belakangan ini Airbnb sudah semakin terkenal di berbagai belahan dunia, dan banyak turis-turis low budget yang menggunakan aplikasi tersebut untuk menyewa rumah dengan harga yang terjangkau,” ujar Canna.

Belum punya apartemen namun Anda memiliki mobil yang tidak terpakai? Sewakan saja. Belakangan ini banyak driver aplikasi transportasi online yang justru menggunakan jasa sewa mobil. Pastikan saja Anda mengetahui biaya minimum yang diperlukan untuk keperluan mobil Anda, menyeleksi penyewanya dengan baik, serta menghitung harga sewa minimum untuk mobil Anda.

Buat Bujet yang Masuk Akal

Berusahalah untuk lebih realistis, jika Anda tak bisa menabung tiga juta sebulan, maka jangan memaksakan diri. Satu lagi, pastikan bahwa Anda tahu tabungan tersebut akan digunakan untuk apa. “Jangan sampai Anda menghabiskannya untuk hal yang tidak benar-benar Anda butuhkan,” kata Canna. “Oh, dan pikirkan dengan baik soal pengeluaran yang harus Anda kurangi demi menambah pundi-pundi uang di tabungan,” lanjutnya. “Terkadang Anda tak perlu menghilangkan seluruh budget untuk satu pengeluaran tertentu – semisal Anda jadi menghapus budget untuk membeli kopi favorit. Padahal sebenarnya Anda cukup memotong sedikit saja budget dari beberapa pengeluaran yang berbeda supaya Anda tidak benar-benar FOMO. Perubahan-perubahan kecil seperti ini sudah cukup kok, untuk membuat perbedaan yang signifikan,” ujar Canna.

Semisal Anda biasa membeli makan siang di luar bersama teman kantor, namun karena ingin menabung Anda kemudian berniat mengubahnya dengan membawa bekal dari rumah setiap hari. Girls, that’s pretty extreme. Alih-alih, ganti dengan membawa bekal tiga kali seminggu, dan sisanya Anda tetap bisa membeli makan siang di luar. Selain itu, ingat, Anda tak perlu melakukan perubahan tersebut selamanya, cukup hingga target tabungan Anda berhasil dikumpulkan. Make it just a bit of short-term pain in order to manifest some extra cash for you. Bagaimana, siap untuk melihat digit angka tabungan Anda bertambah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *