Google Chrome Terlalu Berat untuk Laptopmu? Coba 7 Browser Lainnya Ini

by

terviral.info – Sudah 10 tahun sejak Google Chrome diluncurkan dan browser ini bisa dibilang adalah browser yang paling banyak digunakan di dunia. Pada Mei 2018, Google Chrome telah menangkap 66 persen dari pangsa pasar.

Sebaliknya, browser terbesar kedua di dunia, Mozilla Firefox, hanya memiliki 11 persen pangsa pasar. Data itu cukup untuk menunjukkan dominasi yang diberikan Google Chrome di ruang browser.

Meskipun demikian, bukan berarti Google Chrome sudah sepenuhnya sempurna. Salah satu kelemahan terbesar dari Google Chrome adalah terlalu berat. Cukup buka beberapa tab di Chrome dan kalau laptop atau PC mu memiliki kurang dari 8 GB RAM, maka akan terasa menjadi agak lambat. Kalau kamu salah satu orang yang mengalaminya, kamu bisa mencoba 7 browser di bawah ini agar pengalaman browsingmu bisa lebih maksimal.

1. Mozilla Firefox Quantum

Dulu ada saatnya ketika Google Chrome memiliki keunggulan di bidang kecepatan yang sangat terasa dibanding browser lain. Namun, sekarang itu bukan itu masalah lagi. Dengan adanya Firefox Quantum, Firefox memiliki kecepatan yang setara dengan Google Chrome, bahkan mengalahkannya dalam metrik tertentu.

Firefox juga menyelesaikan salah satu masalah terbesar yang dihadapi saat menggunakan browser Google Chrome yaitu penggunaan RAM yang sangat besar. Firefox Quantum bisa digunakan di Windows, macOS, Linux, Android dan iOS.

2. Opera

Alternatif lain yang hebat untuk Google Chrome adalah Opera. Salah satu fitur unggulan di Opera adalah adanya VPN Unlimited bawaan sehingga bisa kamu gunakan membuka wilayah konten yang terkunci tetapi juga membantu dalam melindungi privasimu.

Selain itu, Opera juga sudah memiliki ad-blocker bawaan sehingga kamu tidak bisa diserang iklan-iklan mengganggu saat browsing. Sama seperti Firefox Quantum, Opera juga bisa digunakan di Windows, macOS, Linux, Android dan iOS.

3. Tor Browser

Kalau kamu menghargai privasimu diatas segalanya, maka Tor Browser sangat cocok untukmu. Kalau kamu pernah khawatir dengan isu-isu kebocoran data di Google, dengan Tor Browser kamu tidak perlu khawatir tentang masalah seperti itu.

Bahkan, saat kamu menggunakan Tor Browser, tidak ada yang bisa melacak datamu dan kamu bisa menjelajahi internet sepenuhnya secara anonim. Tor Browser bisa kamu gunakan di Windows, MacOS dan Linux.

4. Vivaldi

Jika kamu ingin browser yang dapat disesuaikan persis seperti yang kamu inginkan, kamu harus mencoba Vivaldi. Vivaldi telah menjadi browser yang populer dalam beberapa bulan terakhir karena menghadirkan banyak fitur penyesuaian yang tidak ditawarkan browser lain. Sebagai permulaan, kamu bisa menggunakan tema yang sangat mudah disesuaikan untuk memberikan tampilan yang unik pada browsermu.

Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa membuat jadwal untuk mengubah tema browsermu sepanjang hari. Vivaldi juga dilengkapi dengan sidebar yang dapat diedit yang memungkinkan pengguna menambahkan situs web apa pun yang dianggap sesuai. Baik itu aplikasi obrolan favoritmu, atau situs berita, kamu bisa menambahkan sebanyak mungkin situs web yang kamu inginkan. Vivaldi bisa kamu gunakan di Windows, MacOS dan Linux.

5. Microsoft Edge

Jika kamu adalah pengguna Windows dan kamu ragu dengan Microsoft Edge karena ingat kepada Internet Explorer, inilah saatnya kamu membuang ingatan tersebut. Microsoft Edge adalah browser yang sangat gesit dan cepat yang menghadirkan pengalaman menjelajah yang hebat. Microsoft Edge juga menghadirkan beberapa fitur unik yang tidak ditemukan di Chrome. Microsoft Edge bisa kamu gunakan di Windows, Android dan iOS.

6. Torch Browser

Kalau kamu adalah seseorang yang suka mengunduh banyak media dari internet dan selalu mencari perangkat lunak yang bisa membantumu melakukannya dengan mudah, kamu harus coba Torch. Torch Browser memungkinkanmu untuk mengunduh media dari internet tanpa bantuan third party application.

Torch Browser dilengkapi dengan media grabber bawaan yang memberimu tombol unduhan di samping video yang dihosting di situs web apa pun yang memungkinkanmu mengunduh media untuk konsumsi offline dengan mudah. Torch Browser hanya bisa digunakan di Windows dan MacOS.

7. Safari

Kalau kamu menggunakan perangkat iOS atau macOS, Safari adalah alternatif Chrome terbaik yang bisa kamu gunakan. Tidak hanya browser ini cepat tetapi ia juga cukup aman. Selama beberapa tahun terakhir, Apple berfokus untuk meningkatkan fitur privasi pengguna.

Salah satu keunggulannya adalah Safari secara otomatis memblokir pelacak iklan dari mengikutimu. Pelacak iklan ini yang menjadi penyebab saat misalnya kamu habis mencari sepatu di situs belanja online, maka iklan sepatu akan muncul di perangkatmu dimana-mana dan hal ini tidak akan terjadi dengan Safari.

Nah, jangan ragu untuk mencoba salah satu dari browser di atas kalau kamu memang merasa laptop atau PC mu sering lemot saat kamu gunakan. Jangan-jangan hal itu karena Google Chrome yang memakai RAM dengan sangat banyak tanpa kamu sadari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *