Erick Thohir Klaim Kenaikan Saham Mahaka Tak Terkait Politik

by

TERVIRAL.INFO – Pengusaha Erick Thohir menyatakan keberatan jika pergerakan saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dikaitkan dengan penunjukkan dirinya sebagai ketua tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin.

“Itu kan kepercayaan publik, itu pasar kok, kan kami juga tidak melakukan hal yang menyalahi hukum. Saya keberatan itu dikait-kaitkan,” ungkap Erick, Senin (24/9) malam.

Berdasarkan pantauan TERVIRAL.INFO, saham Mahaka Media sejak Juni sampai awal September 2018 berada di level batas bawah Rp50 per saham.

Namun, saham Mahaka Media mulai menanjak sejak 10 September 2018 ke level Rp67 per saham dan terus menguat hingga tembus level Rp195 per saham.

Saham tersebut mulai bangkit dari level terbawah sejak nama Erick terus disebut-sebut sebagai calon ketua tim sukses untuk Jokowi dan Ma’ruf Amin. Kemudian, saham Mahaka Media semakin perkasa setelah kubu dengan nomor urut satu itu mengumumkan secara resmi bahwa Erick menjadi ketua tim sukses mereka.

Harga saham yang bergerak liar ini direspons oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan melakukan suspensi atau pemberhentian sementara. Bursa Efek pertama kali mensuspensi saham Mahaka Media pada 14 September 2018 dalam rangka cooling down terlebih dahulu.

Saat itu, harga saham perusahaan berada di level Rp145 per saham. Tak berselang lama, BEI kembali membuka suspensi saham Mahaka Media untuk bisa kembali diperdagangkan pada 17 September 2018. Namun, esoknya saham tersebut kembali disuspensi.

Pada 18 September 2018 atau hari perdagangan terakhirnya sebelum disuspensi untuk kedua kalinya, saat harga saham Mahaka Media telah menyentuh di level Rp195 per saham dengan penguatan 34,48 persen. Hingga saat ini BEI belum juga membuka gembok suspensi tersebut.

“Untuk masalah suspensi itu hak Bursa Efek ya, BEI juga kan sudah lakukan penelitian dan semua baik-baik saja,” tandas Erick.

Lagipula, kata Erick, ia sudah tak aktif untuk mengurusi operasional Mahaka Media sejak dua tahun terakhir karena sibuk dengan kegiatan Asian Games 2018. Seperti diketahui, ia merupakan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (Inasgoc).

“Direksi juga kemarin sudah komentar kan, tidak ada indikasi apa-apa,” terang Erick.

Erick menekankan ia tak akan melakukan intervensi pasar atau kepada pihak BEI agar suspensi Mahaka Media dicabut.

Sebagai informasi, Erick memiliki saham Mahaka Media melalui PT Beyond Media. Pada 31 Agustus 2018, Beyond Media menggenggam saham Mahaka Media sebesar 54,33 persen atau menjadi pemegang saham pengendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *