Data FDR Kotak Hitam Lion Air JT 610 Berhasil Diunduh

by

terviral.info – Flight Data Recorder (FDR) atau data rekaman penerbangan yang merupakan bagian dari black box atau kotak hitam pesawat Lion Air JT 610, telah berhasil diunduh.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Nurcahyo Utomo mengatakan, informasi tersebut diperoleh dari laboratorium black box KNKT.

Update dari lab black box KNKT bahwa hari ini data FDR berhasil di-dowonload,” ujar Nurcahyo dalam pesan tertulis, Minggu (4/11).

1. FDR mencatat data 69 jam perjalanan

Nurcahyo menjelaskan, FDR Lion Air JT 610 tersebut mencatat data penerbangan 69 jam terakhir.

“Mencatat 19 penerbangan, termasuk penerbangan yang mengalami kecelakaan,” ungkap dia.

2. KNKT dan NTSB melakukan proses verifikasi

Dibantu National Transportation Safety Board (NTSB) Amerika Serikat, kata Nurcahyo, KNKT melakukan proses verifikasi dan diskusi dari data-data yang terkumpul selama enam tahun terakhir.

“Kemarin sore (3/11) pukul 18.00 WIB, dua investigator dari ATSB sudah tiba di KNKT, untuk membantu proses download FDR,” ujar dia.

3. KNKT akan melakukan identifikasi setelah wreckage diserahterimakan

Menurut Nurcahyo, KNKT akan melakukan identifikasi lanjutan barang-barang tersebut, setelah wreckage atau landing gear dan mesin diserahterimakan. Hal itu dibantu pihak Boeing, GE, dan NTSB.

Sementara, Kapal Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang digunakan tim KNKT untuk melakukan pencarian CVR dan badan pesawat, kembali lagi ke dermaga untuk pengisian bahan bakar.

Semoga penyebab jatuhnya Lion Air JT 610 segera terungkap, ya guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *