5 Tipe Keputihan yang Patut Kamu Waspadai!

by

terviral.info – Girls, kamu sering mengalami keputihan? Jika jawabannya adalah iya, maka ada beberapa hal yang patut kamu waspadai. Keputihan sendiri sebenarnya bisa dilihat tingkat bahayanya berdasarkan warna yang dihasilkan. Bagi kamu kerap mengalami masalah keputihan, cari tahu yuk 5 tipe keputihan berdasarkan warna yang patut kamu waspadai berikut:

Putih Kental

Keputihan yang berwarna putih dan kental sebenarnya adalah hal yang normal. Akan tetapi jika disertai dengan rasa gatal, perih, dan berbau menyengat maka kamu perlu waspada. Jika tanda-tanda di atas kamu rasakan, penyebab terbesar masalah keputihan kamu adalah infeksi ragi di dalam Miss Cheerful. Infeksi ragi Miss Cheerfulumumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti: pengunaan antibiotik, penyakit seksual menular, serta penyakit diabetes.

Kuning

Keputihan dengan warna kuning menjadi pertanda bahwa Miss Cheerful kamu tengah mengalami infeksi bakteri atau infeksi penyakit seksual seperti Trikomoniasis. Untuk menghindari masalah Miss Cheerful ini, kamu perlu menjaga kebersihannya sebaik mungkin. Terlebih setelah kamu berhubungan seksual. Sebaiknya gunakan alat kontrasepsi untuk menghindari penularan penyakit seksual.

Coklat

Panik dengan keputihan kamu yang berwarna coklat? Masalah ini muncul karena adanya periode menstruasi yang tidak teratur atau biasa disebut irregular menstruation. Penyebabnya adalah masalah hormonal, stress, hingga penyakit poliklistik ovarium. Jika keputihan berwarna coklat ini muncul secara terus menerus dalam jangkau waktu lama bisa, time to call your doctor! Sebab gejala tersebut dapat menjadi pertanda penyakit yang lebih serius contohnya kanker ovarium.

Kehijauan

Tidak jauh berbeda dengan keputihan berwarna kuning, keputihan dengan warna hijau juga bisa disebabkan oleh masalah Trikomoniasis. Untuk memastikan apa yang sedang kamu alami, sebaiknya berbicaralah dengan ginekologmu, girls! Lakukan pemeriksaan dengan mengambil cairan pada organ kelamin agar memastikan masalah apa yang sedang terjadi berikut cara penanganannya. Jangan membiarkan masalah keputihan dengan warna kehijauan ini terlalu lama karena bisa memengaruhi masalah reproduksi kamu.

Putih Keabu-abuan dan Berbau

Well, kondisi keputihan satu ini pastinya membuat tidak nyaman. Faktor penyebab terjadinya keputihan dengan kondisi di atas adalah infeksi bakteri di area Miss Cheerful. Area Miss Cheerful kita terdiri atas bakteri baik dan juga buruk. Saat bakteri baik berupalactobacillus mengalami penurunan, maka kamu akan mudah terinfeksi keputihan jenis ini. Saran Cosmo, pilih underwear berbahan katun yang friendly bagi Miss Cheerful. Hindari juga menggunakan pembersih area kewanitaan untuk menjaga kadar bakteri baik di dalam Miss Cheerful tetap normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *