5 Resep Olahan Jagung Kekinian, Cocok buat Malam Tahun Baruan

by

terviral.info – Gak kerasa tahun baru 2019 tinggal menghitung hari lagi, nih. Buat kamu yang berencana merayakan tahun baru di rumah, pasti sudah tahu dong mau menyiapkan makanan apa saja di rumah?

Nah, biasanya sih malam tahun baru selalu identik dengan jagung bakar. Tapi, bosan gak sih dengan jagung bakar yang gitu-gitu aja? Mending kita kreasikan dengan resep yang lebih menarik. Seperti yang ada di bawah ini!

1. Jasuke mozzarella

5 Resep Olahan Jagung Kekinian, Cocok buat Malam Tahun Baruan

Siapa yang gak kenal jagung susu keju alias jasuke? Makanan yang satu ini memang banyak banget dijual di pinggir jalan. Daripada beli, mending kamu bikin sendiri di rumah, karena cara membuatnya gampang banget.

Bahan-bahan:
– 5 jagung manis pippil
– 1 kotak keju mozarella
– 1 kotak keju cheddar
– 1 sachet susu kental manis

Cara membuat:
1. Rebus jagung manis yang sudah dipipil.
2. Setelah matang letakkan ke dalam sebuah mangkuk, lalu masukkan juga potongan keju mozarella.
3. Masukkan dalam sebuah panci dan kukus selama lima menit.
4. Keluarkan, beri parutan keju cheddar dan tambahkan susu kental manis sesuai selera.

2. Puding jagung sederhana

5 Resep Olahan Jagung Kekinian, Cocok buat Malam Tahun Baruan

Buat kamu yang doyan manis, pasti suka banget sama kudapan ini. Perpaduan rasa manis dan gurih dijamin akan memanjakan lidahmu.

Bahan-bahan:
– 800 ml susu cair UHT
– 100 gram gula pasir
– 50 gram tepung maizena
– 2 bungkus agar-agar bubuk
– 300 gram jagung manis pipil (cincang kasar)
– 100 ml air

Cara membuat:
1. Didihkan 100 ml air, masukkan jagung yang dicincang kasar, aduk rata, dan kecilkan api.
2. Masukkan gula sembari diaduk, lalu masukkan susu cair sedikit demi hingga habis (sisakan sedikit susu cair untuk diaduk dengan dengan agar-agar dan tepung maizena supaya tidak menggumpal).
3. Masukkan agar-agar yang sudah dilarutkan ke cairan susu tadi dan aduk terus hingga mendidih.
4. Setelah mendidih, tuangkan ke dalam loyang dan dinginkan. Puding siap dinikmati.

3. Corn dog mozzarella

5 Resep Olahan Jagung Kekinian, Cocok buat Malam Tahun Baruan

Ini nih yang belakangan lagi nge-hits di kota-kota besar di Indonesia. Selain gampang bikinnya, rasanya juga bikin nagih!

Bahan-bahan:
– biji jagung kering
– 250 gram mozzarella
– 200 gram tepung terigu
– 2 sendok teh baking powder
– 1 sendok makan gula pasir
– 1/2 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh lada bubuk
– 1 butir telur
– 200 ml susu cair full cream
– minyak goreng
– tepung roti
– tusuk sate

Cara membuat:
1. Blender kasar biji jagung kering, ayak hingga halus. Hasil ayakan ini disebut corn meal.
2. Potong keju mozzarella berupa balok. Masing-masing tusuk dengan tusuk sate.
3. Siapkan wadah untuk tepung terigu. Gulingkan keju mozzarella yang sudah ditusuk ke tepung terigu.
4. Simpan keju mozzarella yang sudah dibalut tepung itu ke dalam kulkas agar tidak meleleh.
5. Campur tepung terigu, corn meal, gula pasir, garam, dan lada. Aduk hingga merata.
6. Masukkan telur ke dalam campuran adonan tersebut. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mengental.
7. Masukkan adonan ke kulkas selama 15 menit.
8. Setelah 15 menit, keluarkan adonan dan keju mozarella dari kulkas. Celupkan mozarella yang sudah ditusuk ke adonan hingga terbalut seluruhnya.
9. Gulingkan mozarella yang sudah dibalut adonan ke tepung roti hingga tertutup seluruh permukaannya.
10. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng corn dog mozarella ke dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan. Setelah matang, tiriskan, dan siapkan di piring saji.

4. Risol jagung

5 Resep Olahan Jagung Kekinian, Cocok buat Malam Tahun Baruan

Kalau kamu biasa menemukan risol jagung di pasar tradisional, kali ini gak ada salahnya kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan:
– 10 roti tawar
– 3 jagung manis
– 3 sdm keju parut
– 1 bawang bombay
– 3 siung bawang putih
– 1 sdt merica
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt gula
– 2 butir telur kocok
– 1 sdm tepung terigu
– 50 gram tepung panis
– 3 sdm mayonaise

Cara membuat:
1. Serut jagung manis, lalu kukus dalam sebuah mangkuk plastik.
2. Siapkan roti tawar. Isi roti tawar dengan jagung manis yang sudah diberi keju dan mayonaise.
3. Setelah itu, kocok telur sebagai perekat.
4. Lipat dan lumuri dengan tepung terigu yang sudah dicampur air.
5. Lumuri dengan tepung panir.
6. Goreng hingga matang dan risol jagung siap disajikan.

5. Jagung bakar keju dan lemon ala Meksiko

5 Resep Olahan Jagung Kekinian, Cocok buat Malam Tahun Baruan

Nah, malam tahun baru kali ini kamu bisa mencoba membakar jagung dengan resep yang antimainstream. Jagung bakar keju dan lemon namanya. Resep ini berasal dari Meksiko, tapi bahan-bahannya tetap mudah ditemukan di sekitar kita.

Bahan-bahan:
– 8 buah jagung (dikupas)
– 1 sdm minyak zaitun
– garam kosher secukupnya
– 1/2 cangkir keju yang sudah dihancurkan
– bubuk cabai secukupnya (level sesuai selera)
– 2 jeruk nipis atau jeruk lemon

Cara membuat:
1. Siapkan panggangan dengan suhu panas sedang ke tinggi.
2. Olesi jagung dengan minyak dan taburi dengan garam 1/2 sendok teh.
3. Bakar jagung dan usahakan sering diputar, sampai lunak dan hangus, kurang lebih 5-7 menit.
4. Taburkan jagung dengan keju dan cabai rawit.
5. Sajikan dengan irisan jeruk nipis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *