4 Pulau paling padat di dunia, termasuk Indonesia

by

terviral.info – Setiap negara memiliki pulau-pulau yang ditempati oleh penduduknya. Semakin lama, pertumbuhan penduduk juga semakin meningkat. Sampai saat ini, jumlah penduduk di dunia mencapai 7,7 miliar, dam jumlah ini akan terus semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Tak heran jika beberapa pulau di dunia juga semakin padat karena bertambahnya jumlah penduduk. Berikut pulau-pulau terpadat di dunia itu:

1. Santa Cruz del Islote di Kolombia

Pulau buatan ini terletak di Kolombia San Bernardo Archipelago di Teluk Morrosquillo. Populasinya semakin meningkat dibandingkan dengan ukuran wilayahnya yang kecil. Inilah yang menjadikan Santa Cruz del Islote menjadi pulau paling padat di dunia.

Saat ini, sudah ada 500 orang yang tinggal pulau tersebut. Padahal, pulau yang luasnya hanya selebar lapangan bola itu hanya ada 115 rumah. Bisa dibayangkan betapa padatnya pulau itu.

2. Pulau Ap Lei Chau di Hongkong

Ap Lei Chau menjadi pulau terpadat di dunia kedua. Pulau ini menjadi bagian dari distrik Southern di Pulau Hong Kong. Pulau ini hanya memiliki luas 80,5 kilometer persegi, dan dihuni sekitar 1,289,500 pada 2008.

3. Pulau Migingo di Kenya

Pulau yang memiliki luas 2.000 meter persegi (0.49 hektar) ini terletak di Danau Victoria, sebuah danau terbesar di Afrika. Pulau ini adalah pusat dari perbatasan teritorial antara Kenya dan Uganda, dan penduduknya sangat padat.

Namun sejak 1926, kepemilikan teritorial di pulau itu secara konsisten telah ditunjukkan di peta dan dalam bahasa pada dokumen resmi sebagai Kenya. Meskipun kecil, menurut beberapa sumber, ada 1.000 orang yang menempati pulau itu. Rata-rata mata pencaharian mereka adalah nelayan.

4. Pulau Bungin, Indonesia

Pulau Bungin terletak di Kabupaten Alas, Sumbawa, Nusa tenggara Barat. Bukan pulau Jawa, melainkan Pulau Bungin yang mendapat julukan terpadat di dunia. Pulau seluas 8,5 hektar ini didiami oleh 3.500 orang dengan jumlah idealnya hanya sekitar 800-1600 penduduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *